Wednesday 31 July 2024

ASUS AI LAPTOP: Unleash The Power of AI with ASUS!

Ngerasa nggak sih sekarang tuh apa-apa AI alias Artificial Intelengent. Bikin video pake AI, bikin artikel pake AI, cari resep pake AI, bahkan ada yang curhat sama aplikasi chat GPT yang notabene adalah AI! Hahahaha. Memang dunia sudah maju, tapi nggak sedikit juga orang yang menganggap AI sebagai ancaman. Kalo kamu gimana nih? Merasa AI sebagai ancaman atau kamu merasa AI adalah asisten yang bisa membuat pekerjaan menjadi lebih mudah?



Dalam kehidupan sehari-hari sesungguhnya aku udah sering banget pakai bantuan AI, kaya bikin draft laporan, mencari resep, memberikan inspirasi dalam pembuatan content plan, dan berbagai hal lain yang biasanya aku cari manual melalui Google Search. By the way, gambar diatas juga dibuat pakai AI, hehehe. Menurutku dalam teknologi AI, tetap dibutuhkan manusia untuk memberikan “perintah” yang tepat sehingga apa yang dikerjakan AI menjadi lebih tepat dan memuaskan.

Mengapa ASUS AI Laptop?

Selama ini aku denger aplikasi dan perangkat lunak yang menggunakan AI, tapi kemarin tanggal 25 Juli 2024, aku diperkenalkan pada ASUS AI Laptop! Hah? Apakah ketika kita membuka laptop, dia akan langsung mengerti apa yang akan kita kerjakan? Atau dia bisa diperintah untuk mengerjakan apa yang akan kita kerjakan didepan laptop? Ternyata tidak yaa, entah belum. Laptopnya masih perlu di buka manual pake tangan kok!



ASUS memang sudah membuat laptop pertama nya sejak tahun 1997, dimulai dari ASUS P6300 yang bekerja sama dengan intel, saat itu tampilan laptop masih “berat”, dan akhirnyadi tahun 2011, ASUS mengeluarkan tipe “tipis” yaitu Zenbook UX31. Sampai saat ini perkembangan laptop terus membuat laptop yang tipis dengan berbagai fitur yang fantastis. Sebagai salah satu pelopor teknologi yang nggak ada matinya, ASUS ikut bersaing menawarkan inovasi-inovasi terdepan dalam pangsa pasar laptop didunia.



Di Indonesia sendiri, saat ini ASUS mengeluarkan ASUS AI LAPTOP Series, Mulai dari satu-satunya laptop AI dengan layar ganda yaitu Zenbook DUO (UX8406), laptop AI tipis dan ringan yaitu Zenbook 14 OLED (UX3405) dan Zenbook 14 OLED (UM3406), hingga laptop AI terjangkau yaitu Vivobook S 14 OLED (S5406) dan Vivobook S 14 OLED (M5406). Lalu apa yang membuat laptop-laptop ini menyandang predikat sebagai AI LAPTOP?

Selain proccesor yang tertanam di dalam laptop tersebut sudah sangat canggih, dalam ASUS AI Laptop Series tertanam salah satu chip bernama NPU atau Neural Proccesing Unit. NPU ini membantu proccesor utama mengerjakan beberapa “tugas” sehingga laptop bisa bekerja lebih efektif dan efisien. NPU ini berkolaborasi dengan perangkat lunak bawaan (saat ini Windows 11) untuk menghasilkan kepuasan penguna. Mulai dari konektifitas dengan copilot, Snipping Tools, Paint, hingga pengaturan photos dan Clipchamp. Selain itu diperangkat keras, ASUS AI Laptop juga memberikan ruang lebih nyaman pada keyboard, baik berupa shotcut botton maupun fitur-fitur seperti silent keyboard, Emoji hokey, hinga anti fingerprint touchpad. Canggih pokoknya mah!



Kalau kata Mas Daniel Naftali (Consumer Product Marketing ASUS Indonesia), NPU itu ibarat istri yang bantuin suaminya. Sama-sama saling membantu pekerjaan rumah sehingga tugas dan kewajiban suami terasa lebih ringan, hehehe.

Nah di acara ASUS Consumer PC Media dan Bloger Roadshow kemarin, aku tertarik dengan ASUS Zenbook duo, tapi karena sadar budget hamba belum sampai kesana hahaha (kecuali ASUS mau ngasih ya, uhuk!), aku coba hands on ASUS Vivobook S 14 OLED yang series M5046. Processor AMD Ryzen™ 7 8840HS dibantu NPU membuat laptop ini enak banget di pake browsing dan bekerja.



Fitur ASUS Vivobook S 14 OLED M5046

Ada beberapa fitur ASUS Vivobook S 14 OLED M5046 yang paling aku suka ketika mencoba hands on laptop daily dari ASUS ini. 7 Fitur favorit aku dari laptop ini, adalah:

1. Shortcut Copilot Key
Copilot ini adalah aplikasi seperti chat gpt yang bisa melakukan tugas-tugas pencarian dan pembuatan. Perintah yang di masukin juga bisa via suara maupun text. Nah apa gunanya shortcut key ini? Jadi yaaaa kalo kita misal lagi ngetik atau baca atau nonton youtube, lalu ada kata yang nggak kita mengerti, kita bisa langsung pencet tuh Copilot Key-nya, dan keluar deh copilot tanpa menutup tab atau pekerjaan yang lagi kita lakukan. Kalau sudah ketemu hasilnya kita bisa close lagi copilot dengan shortcut dan melakukan aktivitas kembali tanpa buka tutup tab-nya. Keren kan? Ini cool banget sih, cocok buat aku yang kalo buka atau pindah tab baru kadang malah suka terdistraksi dan lupa mau ngapain wkwkwkwkw.



2. Camera Shutter
Simple tapi useful banget! Penutup kamera di laptop ini memudahkan kita menjaga privasi klo misalnya ada hal-hal yang nggak kita inginkan terjadi saat kita sedang live ataupun meeting online. Ini juga termasuk Privacy Protection yang membuat kita merasa "aman" saat beraktivitas didepan laptop.



3. ASUS Lumina OLED
Tentu saja layar OLED ini udah bisa menampilkan visual HDR yang memanjakan mata, dengan 600nits, dan 0,2ms alias ultrafast response time. Body ratio layar OLED ini dengan body laptopnya adalah 89%. Jadi meski ukuran layarnya 14", body-nya terasa seperti 13". Enak banget buat entertaiment sekaligus membuat mata tidak terkena radiasi sinar biru. 



4. Dual Speaker
Kecil-kecil cabe rawit, suara dari ASUS Vivobook S 14 OLED ini sudah dilengkapi Dolby Atmos dibawah harman/kardon. Jadi nggak usah ragu buat dengerin lagu ataupun nonton film dengan sound effect serta HDR Content. Asik pisan!

5. Keyboard RGB
Backlight di laptop ini bisa berubah warna! RGB colour plus ada key atau shortcut button juga buat nyalain lampunya. Lebih asiknya ada dua pilihan intensitas cahaya yang bisa di set langsung dari shortcutnya! Beneran serba praktis pake laptop ini!

6. Port lengkap
Udah nggak perlu dongle lagi buat presentasi ke layar HDMI, selain ada screencast, port yang ada di ASUS Vivobook S 14 OLED ini juga udah lengkap banget! Type C, USB, Micro SD Card Reader, Audio combo jack, konektivitas-nya udah bisa segala arah lah yaa. Belum lagi Bluetooth dan Wi-fi yang sat set sat set.



7. Ringan
Dengan fitur yang lengkap, berat laptop ini cuma 1,3 Kilogram. Bukan cuma ringan berat-nya, harga-nya juga lebih terjangkau daripada ASUS AI Laptop lainnya!



Kamu tertarik nggak punya ASUS AI Laptop? Mupeng sama tipe yang mana nih? Kalo ada rezeki sih aku mau banget punya Zenbook Duo (yang layarnya dua) dan bisa jadi pusat perhatian wkwkwk, tapi klo sekarang aku merasa fitur dari ASUS Vivobook S 14 OLED juga udah cukup untuk menunjang pekerjaan harian-ku sebagai Account Executive di kantor. 

Semoga bermanfaat!






1 comment:

  1. aaaaa keren banget ini mbak laptopnya.. nabung nabung bismillah

    ReplyDelete